Harga Emas Mulai Naik di Tengah Melemahnya Greenback

Harga emas mulai naik pada akhir perdagangan, pulih dari penurunan dua hari berturut-turut seiring pelemahan dolar AS. Kekhawatiran tentang sektor keuangan telah mereda, mengurangi selera untuk mata uang safe-haven.

Harga Emas Mulai Naik di Tengah Melemahnya Greenback

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi Comex Bursa Saham New York naik menjadi 1,901% atau sekitar $19,70 menjadi $1.973,50 per ons. Harga ini muncul setelah mencapai sesi terendah 1.949 mencapai $90 dan tertinggi $1.977,00.

Dolar AS Melemah Dikala Harga Emas Mulai Naik

Pada hari Selala lalu Dolar AS mulai melemah. Pelemahan tersebut diakibatkan oleh kekhawatiran akan surutnya krisis perbankan yang mengurangi permintaan untuk mata uang safe-haven, broker forex spread kecil.

Kekhawatiran ini berdasarkan indeks dolar yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama lainnya. Dolar AS mengalami penurunan hingga 0,41%, yaitu menjadi 102,4281. Investor emas bahkan tidak percaya bahwa krisis perbankan telah berakhir.

Di sisi lain, fenomena ini menjadi luka yang ditinggalkannya di pasar kredit secara permanen. Hal ini disetujui oleh Craig Erlam yang merupakan seorang analis di platform perdagangan online OANDA. Bahwa jika itu masalahnya, hal-hal bisa berubah bullish untuk harga emas mulai naik.

Kekhawatiran yang terjadi tersebut mengurangi kebutuhan pengetatan bank sentral. Pedagang bahkan bisa melihat tertinggi sepanjang masa ketika pemotongan pajak tahun ini terjadi.

Pengaruh Kenaikan Harga Emas dalam Investasi Lainnya

Harga rumah S&P CoreLogic Case-Shiller melambat pada Januari 2023. Kenaikannya hanya 3,8% dari tahun ke tahun secara nasional. Itu 5,6% lebih rendah dari pada Desember 2022.

Sesuai dengan data ekonomi yang sudah dirilis, harga emas dibuat tidak naik. Di sisi lain, berdasarkan data The Conference Board menunjukan bahwa adanya kenaikan indeks kepercayaan konsumen AS pada Maret 2023. Indeks tersebut naik menjadi 104,2 dibandingkan dengan bulan sebelumnya di octafx.

Perak sebagai logam mulia lainnya untuk pengiriman Mei naik menjadi 1,19% atau sekitar 27,50 sen. Dalam hitungan lain, harga emas mulai naik sebesar 1,19%, menjadi $23,42 per ons. Platinum untuk pengiriman Juli turun $10,60 menjadi $971,90 per ons.

 

Tinggalkan sebuah Komentar