Analisis Harga Emas – XAU/USD Di Awal Pekan

Pergerakan emas mengalami penurunan lebih rendah selama sesi Asia dan terlihat melayang pada sesi terakhir. Analisis Harga Emas menyatakan berada di dekat batas bawah kisaran perdagangan intraday, tepat di bawah level $1740 yang dilaporkan.

Logam mulia emas ini mengoptimalkan pemantulan di hari Jum’at dari zona support $1730, kemudian bertemu dengan beberapa pasokan baru di hari pertama perdangangan minggu ini.

Kondisi tersebut menandai hari kedua berturut-turut dari pergerakan negative dan secara ekslusif disponsori oleh kenaikan moderat dalam permintaan dolar AS. Sehingga XAU/USD cenderung membebani komoditas dalam denominasi dollar selama ini.

Pengaruh Wawancara Ketua Fed Jerome Powell

USD telah menemukan support yang cukup baik akibat dari Ketua Fed yang diwawancarai selama 60 menit. Dalam wawancaranya menyatakan bahwa ekonomi AS telah diatur agar membuat perubahan haluan dan meningkatkan pertumbuhan agar lebih banyak pekerjaan yang tersedia untuk pengangguran.

Baca juga disini : EURO VS Dollar Masih Belum Berakhir, Apa Yang Akan Terjadi?

Dengan adanya komentar yang dilontarkan oleh Ketua Fed tersebut maka memberikan dampak positifnya terhadap pergerakan XAU/USD. Narasi pemulihan ekonomi AS terbilang lebih lebih cepat dari pandemi, hal itu berkat adanya kecepatan vaksinasi virus corona yang mengesankan.

Powell juga menambahkan sebenarnya Fed menginginkan inflasi yang cukup di atas 2% untuk beberapa waktu ke depan karena bisa mempengaruhi Analisis Harga Emas. Akan tetapi tidak menginginkan kondisi inflasi tersebut naik secara material di atas 2% dan kembali ke hari-hari inflasi lama yang buruk.

Di sisi lain faktor negatifnya tetap ada dalam skala yang lebih besar. Diimbangi juga oleh nada yang lebih lembut seputar imbal hasil obligasi Treasury AS yang diluncurkan dan mengalami sedikit penurunan dalam sentiment resiko global.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor penting dalam upaya memperpanjang beberapa support ke safe-haven XAU/USD. Kemudian kemungkinannya juga bisa membantu membatasi penurunan lebih lanjut karena menjamin beberapa kehati-hatian bagi pedagan bearish yang agresif.

Analisis Harga Emas XAU/USD mempengaruhi ekspektasi pasar terutama langkah dari kebijakan Fed yang memainkan peran penting. Terutama dalam menentukan lintasa jangka pendek untuk logam mulia berwarna kuning yang tidak berimbal hasil.

Tinggalkan sebuah Komentar