Harga Emas Hari Ini Kembali Beranjak Menguat

Harga Emas Hari Ini Harga emas hari ini berbalik menguat setelah sempat turun beberapa hari terakhir. Kenaikan harga emas ini dikarenakan penurunan harga dolar karena dampak munculnya varian baru virus Corona Omicron.

Investor mulai membeli emas dengan tujuan perlindungan nilai aset dari volatilitas pasar yang masih luas dan tinggi. Sebelumnya, pada Selasa (30/11/2021) emas sempat turun atas dampak dari pernyataan Jerome Powell.

Namun, tidak lama setelah itu nilai emas berangsur-angsur menguat karena nilai USD melemah. Sehingga, permintaan logam safe-haven semakin meningkat. Salah satunya adalah emas.

Tidak hanya itu saja, kenaikan ema ini juga dipengaruhi oleh reboun tajam pada aspek ekuitas. Meski demikian hingga saat ini nilai emas masih terbilang rendah karena gagal mencapai 1.800 USD per Ounce.

Menurut beberapa analis ekonomi, emas juga dapat memberikan risiko apa bila kurangnya stimulus dan kenaikan suku bunga. Hal ini akan mendorong imbal balik obligasi pemerintah naik. Dampaknya, pemegang emas tidak akan menerima bunga.

Update Terbaru Harga Emas Hari Ini

Kontrak emas yang saat ini paling aktif untuk pengiriman bulan Februari di Divisi Comex Newyork Exchange, mengalami kenaikan 7,8 dolar AS atau sebesar 0,44%. Harga penutupnya mencapai 1.784,30 per ounce.

Bahkan di Pasar Spot, harga emas mengalami kenaikan sebesar 0,40% dan harga perdangannya menjadi 1.780,05 USD per Ounce. Data ini diambil pada pukul 19.33 GMT. Anda dapat melihat updatenya di broker Hotforex.

Pada hari terjadi penurunan (30/11/21), harga emas berjangka jatuh hingga 8,7 USD atau sebesar 0,49% pada harga 1.776,50 USD per ounce. Sebelumnya (29/11/21) harga emas sebesar 1.785,20 USD per ounce.

Baca juga : Usd bergerak melemah karena komentar hawkish powell

Penurunan tersebut berlangsung setiap hari dan baru kembali menguat. Tidak hanya berdampak pada emas, ketidakpastian ekonomi secara global juga menyebabkan kenaikan dan penurunan pada logam mulia lain.

Perak yang diproyeksikan untuk Maret turun harga sebanyak 47,6 sen atau 2,09% dan ditutup dengan harga 22,339 USD per ounce. Platina yang diproyeksikan untuk januari mengalami kenaikan 7,9 USD atau 0,85% dan ditutup dengan harga 935,20 USD per ounce.

Jika kenaikan emas terus stabil dan hanya memberi sedikit dampak terhadap volatilitas pasar, maka hal ini akan menguntungkan untuk pemegang emas. Harga emas hari ini tentunya menjadi kabar yang sangat baik.

Tinggalkan sebuah Komentar