Harga Minyak Dunia Naik Akibat Rusia Pangkas Produksi

Harga minyak dunia naik terlihat mengalami kenaikan tipis. Harga ini adalah rebound dari penurunan awal setelah para investor mempertimbangkan rencana Rusia untuk memangkas produksi minyak mentah pada Maret mendatang. Selain itu, juga muncul kekhawatiran permintaan jangka pendek jelang perilisan data inflasi AS minggu ini.

Harga Minyak Dunia Naik Akibat Rencana Rusia Pangkas Produksi

Terdapat latar belakang fundamental untuk minyak yang terbilang masih sangat kuat. Jika China dibuka kembali, maka akan mengetahui lebih banyak permintaan dari Rusia dan OPEC memiliki pasokan yang sama atau lebih sedikit.

Harga Minyak Dunia Naik Usai Muncul Rencana Rusia

Kenaikan minyak pada Jumat lalu di broker terpercaya masuk ke level tertinggi untuk dua minggu. Hal ini karena Rusia, menjadi produsen minyak terbesar ketiga di dunia, mengatakan jika akan memangkas produksi minyak mentah pada Maret mendatang mencapai 500.000 barel per hari (bph), atau sekitar 5,0 persen dari produksi.

Kondisi tersebut sebagai pembalasan terhadap Barat yang membuat pembatasan pada ekspor atas konflik Ukraina. Menurut menteri Energi Uni Emirat Arab tidak perlu bagi kelompok negara penghasil minyak OPEC+ untuk bertemu lebih awal dari yang ditentukan karena pasar seimbang.

Kontrak Brent dan WTI mengalami kenaikan lebih dari 8,0 persen pada minggu lalu. Terlebih didukung dengan optimisme atas pemulihan permintaan di China. Federal Reserve AS mencoba menaikkan suku bunga dalam upaya mengendalikan inflasi. Hal ini yang menimbulkan kekhawatiran, langkah tersebut akan memperlambat aktivitas ekonomi serta permintaan minyak.

Tak hanya itu, kekhawatiran pasokan menjadi berkurang karena kargo minyak mentah Azeri berlayar dari pelabuhan Ceyhan Turki. Apalagi sejak gempa dahsyat pada wilayah tersebut pada 6 Februari. Ceyhan merupakan tempat penyimpanan serta pembuatan pipa yang membawa minyak dari Azerbaijan dan Irak.

Sementara pada sisi pasokan, produksi minyak mentah serpih AS untuk tujuh cekungan serpih terbesar sepertinya akan naik ke rekor tertinggi pada Maret. Sehingga akan berpengaruh pada harga minyak dunia. Kondisi tersebut yang diungkap oleh Badan Informasi Energi AS. Jika membutuhkan berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan, saat ini bisa melalui fbs forex.

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar