Ingin Menggunakan Strategi Carry Trade? Berikut Tipsnya

Strategi carry trade merupakan salah satu cara trading dengan memanfaatkan perbedaan antara suku bunga dengan dua mata uang. Jadi dalam langkah ini akan meminjam valuta yang suku bunga rendah kemudian menginvestasikannya dalam mata uang bunga tinggi. Jadi suku bunga adalah faktor penentu dalam mencari valuta yang menawarkan suku bunga lebih tinggi untuk dijadikan mata uang dasar.

Strategi Carry Trade

Karena perbedaan suku bunga ini bisa menciptakan peluang agar mendapatkan keuntungan dari selisih bunga. Agar strategi carry trade berjalan lancar terdapat beberapa tips yang bisa dijadikan panduan. Pastikan Anda telah memahaminya dengan baik sehingga tidak melakukan kesalahan yang membahayakan diri sendiri.

Tips Menerapkan Strategi Carry Trade Agar Sukses

Sebagai seorang trader maka Anda harus memahami bahwa strategi carry trade berbeda dengan strategi lainnya sehingga tidak boleh sembarangan jika ingin berhasil. Apalagi harus memanfaatkan swap positif yang harus disesuaikan dalam pendekatan trading Anda. Berikut beberapa tips terutama untuk yang belum pernah menerapkannya yaitu:

  1. Mengikuti sentimen pasar

Salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap pasar valuta yaitu pemerintah dan bank global sehingga untuk bisa menerapkan strategi ini menggunakan dana besar maka memiliki aturan main berbeda, termasuk intervensi mata uang. Jika Anda mengikuti sentimen pasar maka paham dengan trend dan perubahan. Karena analisis pasar berhubungan dalam wawasan tentang trend dan potensi peluang memanfaatkan momen dalam mengikuti tren.

Jika ingin mengikuti sentimen pasar sekaligus paham tentang faktor ekonomi maka analisis fundamental adalah solusi tepat. Karena Anda dituntut untuk paham tentang faktor yang memberikan pengaruh pasar mata uang  sehingga bisa memadukan analisis fundamental technical dengan berita atau peristiwa terkini dalam mengidentifikasi peluang.

  1. Melakukan trading pair eksotik

Pair eksotik merupakan pasangan mata uang yang melibatkan valuta dari ekonomi relatif seperti EUR/TRY atau USD/SGD. Berhasilnya strategi ini dalam pair eksotik tergantung pada selisih suku bunga besar antara mata uang dasar dan kuotasi. Anda juga bisa memaksimalkan potensi keuntungan dari perbedaan dengan mencari pair yang selisihnya positif.

Namun untuk mencoba trading pair eksotik di Amarket harus memiliki pemahaman bagus tentang faktor fundamental yang mempengaruhi mata uang seperti kebijakan bank sentral stabilitas politik dan kondisi ekonomi. Karena pair ini rentan terhadap perubahan harga signifikan akibat sebuah berita. Dengan adanya tips ini maka bisa dijadikan pegangan sehingga bisa berhasil mempraktikkan strategi carry trade.

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar