Pemula Harus Tahu! Ini Panduan Investasi Emas yang Aman

investasi emas yang amanPemula Harus Tahu! Ini Panduan Investasi Emas yang Aman –  Logam mulia yang masih banyak diminati oleh semua kalangan adalah emas. Tidak hanya menarik saat digunakan sebagai perhiasan, emas juga dianggap sebagai alternatif investasi yang cukup menguntungkan.

Ini dikarenakan harga emas yang jarang sekali mengalami penurunan, bahkan cenderung meningkat dari masa ke masa. Jika dibandingkan dengan investasi jenis lainnya seperti investasi properti, investasi saham, deposito, dan tanah. Proses penukaran atau pencairan investasi emas terbilang cukup mudah. Bagi Anda yang berminat untuk investasi emas, berikut ini cara yang harus dilakukan.

 Tentukan Tujuan

Saat akan memulai investasi jenis emas, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan Anda melakukan investasi. Apakah untuk tabungan masa depan, untuk biaya pendidikan, tabungan pernikahan, investasi hari tua, dan sebagainya. Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda bisa menentukan berapa jumlah emas yang diinvestasikan setiap bulannya.

Tempat Pembelian

Tahap yang kedua adalah Anda harus tahu dimana penjual emas yang aman, resmi, dan bisa dipercaya, terutama jika Anda berniat untuk membeli emas batangan. Sebab, di tempat penjualan emas yang resmi tersebut Anda akan mendapatkan sertifikat dan surat pembeliannya.

Pantau Harga Emas

Tahap berikutnya yang harus dilakukan agar investasi Anda berujung pada keuntungan adalah dengan memantau perkembangan harga emas secara berkala. Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan mengingat perkembangan teknologi yang semakin meningkat.

Anda bisa mengetahui perkembangan harga emas melalui situs-situs yang ada di internet. Biasanya, situs-situs tersebut akan menampilkan perkembangan harga emas setiap hari. Dengan demikian, Anda bisa menjualnya ketika tiba-tiba harga melonjak atau membeli emas ketika harganya cenderung turun.

Tempat Penyimpanan Aman

Tahap terakhir yang harus diperhatikan adalah tempat Anda menyimpan emas tersebut. Sebaiknya, pilihlah tempat yang aman seperti safety box atau brankas. Jika merasa kurang aman, Anda bisa menyimpan investasi emas milik Anda di Safe Deposit Box yang ditawarkan oleh pihak bank.

Baca juga : Faktor yang mempengaruhi peminat investasi online

Itulah panduan investasi emas yang bisa Anda terapkan setiap kali membeli emas. Mulai dari menentukan tujuan, membeli di tempat yang resmi, memantau harga emas, dan menyimpannya di tempat yang aman. Dan jangan lupa selalu bersabar karena emas merupakan investasi jangka panjang yang butuh waktu lama baru bisa menuai hasilnya.

 

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar