Perkembangan Kripto yang Ada di Indonesia

Perdagangan mata uang digital atau kripto telah diizinkan oleh pemerintah Indonesia terutama oleh Bappebti yaitu badan pengawas perdagangan berjangka komoditi. Telah banyak crypto yang diakui oleh Bappebti, dimana izin tersebut dituangkan ke pengakuan dalam peraturan badan pengawas perdagangan berjangka komoditi nomor 7 tentang penetapan daftar aset kripto yang dapat diperdagangkan.

Pemerintah Indonesia yang telah mengizinkan perdagangan kripto seperti bitcoin di bursa berjangka telah diakui oleh badan pengawas perdagangan berjangka komoditi atau Bappebti. Perdagangan ini dapat diperdagangkan di pasar fisik aset kripto yang telah berlaku mulai tanggal 17 Desember tahun lalu.

Pada saat itu bitcoin cs anjlok, uang miliaran dollar pun juga menguap begitu saja. Karena dalam hal ini ada peraturan tentang pengawas perdagangan berjangka komiditi. Bagi Anda yang penasaran dengan peraturan tersebut, maka simak uraian di bawah ini :

Bagaimana peraturan tentang pengawas perdagangan berjangka komoditi ?

Peraturan Bappebti

Beberapa bulan lalu telah ditetapkan peraturan Bappeti yang diharapkan perdagangan fisik aset kripto di Indonesia mampu memberi kepastian hukum sekaligus melindungi dan memberi perlindungan bagi masyarakat yang bertransaksi fisik aset kripto di Indonesia.

Baca juga disini : Komitmen OPEC Soal Harga Minyak Tetap Naik

Hal ini dikemukakan oleh kepala Bappeti Sidharta Utama dalam keterangan resminya di beberapa bulan yang lalu. Jenis aset kripto ini pun berdasar pada dua pendekatan, yang pertama adalah pendekatan secara yuridis yang sesuai dengan ketentuan pasal tiga ayat dua.

Pendekatan secara penilaian analisis hierarki proses atau AHP Bappebti dengan tahap memperhatikan aspek keamanan, produk tim dan anggota tim yang mengembangkan tata kelola sistem blockchain merupakan proses yang kedua.

Hal yang dikembangkan pun adalah tata kelola sistem blockchain, skalabilitas sistem blockchain, roadmap yang menjelaskan berbagai rencana pengembangan sistem blockchain yang dapat diverifikasi pencapaiannya. Pencapaian tersebut mendapatkan nilai standard. Hal ini  sering kali mendapat kewajiban untuk melakukan delisting jenis aset kripto di luar dari jumlah tersebut.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai perkembangan kripto yang ada di Indonesia. Semoga berguna dan bermanfaat .  

Tinggalkan sebuah Komentar