Kabar Gembira, Harga Emas Turun, Simak Penjelasannya

Bagi Anda yang hendak membeli emas, mungkin ini adalah saat yang tepat, karena harga emas turun, imbas dari perbaikan sektor tenaga kerja di negara Amerika. Menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika, pengangguran turun dari 3,8% menjadi 3,6%.

Harga Emas Turun

Akibatnya, The Fed (Bank Sentral Amerika) menaikkan suku bunga acuan. Suku bunga acuan ini naik secara agresif.

Naiknya suku bunga acuan ini pun menjadikan surat utang di Amerika naik secara imbal hasil. Sehingga minat untuk melakukan pembelian emas pun berkurang. akibatnya, harga emas turun, dan investor cenderung memilih surat hutang untuk melakukan investasi.

Turunnya harga emas ini menjadi yang paling rendah semenjak 3 Maret 2022. Persentase turunnya pun tidak main-main, hingga mencapai 1% lebih. Anda bisa melihat pada harga emas spot yang turun hingga 1,2% dan emas berjangka terkena 1,5%,

Selain itu, investor tetap berharap akan naiknya suku bunga acuan yang ditentukan oleh Federal Reserve System. Apabila betul terjadi, maka hal ini akan membuat penguatan harga emas sulit terjadi.

Sebab Lain Harga Emas Turun

Selain The Fed yang membuat suku bunga acuan menjadi naik, sebab lain harga emas turun adalah belum selesainya pembicaraan antara pihak Rusia dan Ukraina.

Kedua negara yang kini tengah berkonflik ini, belum mencapai kesepakatan yang pasti mengenai pertikaian yang terjadi di antara kedua negara tersebut. Malah akan ada kemungkinan serangan lanjutan dari Ukraina ke Rusia.

Baca juga : Rubel Rusia menguat, ini dampaknya untuk ekonomi dunia.

Belum selesainya perang antara Rusia dan Ukraina ini membawa ketidakpastian terhadap harga emas. Kecenderungan, harga emas turun masih ada selama belum ada pembicaraan dan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak.

Akan tetapi pandangan positif muncul dari ANZ. Menurut catatan dari ANZ tidak akan berlangsung selamanya. Ini dikarenakan perang pada dasarnya akan berdampak pada pasar sekunder, dan nantinya konflik geopolitik ini akan menguatkan kembali harga emas.

Akibat Turunnya Harga Emas

Turunnya harga emas pun berakibat permintaan yang meningkat. Contohnya di negara India, permintaan akan emas fisik sudah meningkat semenjak pekan lalu. Kemudian di Tiongkok, permintaan akan emas pun naik, namun pembelian terbatas, karena ada kebijakan untuk tidak meninggalkan rumah mencegah penyebaran varian Covid baru.

Permintaan yang naik karena harga emas turun ini, karena emas termasuk dalam instrumen safe-haven, yakni investasi barang yang harganya cenderung stabil, dan masih dapat dipertukarkan walaupun sedang dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil.

 

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar