Tips Menjadi Trader Teknikal yang Sukses, Dijamin Berhasil

Bila Anda ingin menjadi trader teknikal sukses, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dijamin berhasil. Hanya karena akar dari analisa teknikal adalah perhitungan matematis, bukan berarti semua ahli matematika.

Tips Menjadi Trader Teknikal yang Sukses, Dijamin Berhasil

Sudah pasti bisa menjadi seorang trader teknikal terbaik. Karena pada kenyataannya mereka para penganut analisa teknikal datangnya dari beragam macam latar belakang, dengan gaya trading serta pola kebiasaan yang bervariasinya.

Apapun gaya para trader teknikal sukses tersebut ternyata ada beberapa tips yang selalu mereka terapkan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tips-tips tersebut secara lengkap.

Beberapa Tips Menjadi Trader Teknikal yang Sukses

Untuk bisa menjadi seorang trader teknikal sukses Anda bisa bergabung dengan broker trading terbaik dan menerapkan tips-tips dari trader teknikal profesional. Berikut ini beberapa tips sukses yang perlu diterapkan, antara lain seperti :

1.      Bertemanlah dengan Trend

Untuk bisa menjadi trader teknikal sukses, tips pertama Anda harus berteman dengan trend. Definisi trend bagi setiap trader berbeda-beda, apapun cara Anda mengenali trend.

Tanamkan di dalam diri bahwa trend bukan sesuatu yang harus dimusuhi. Seorang trader teknikal akan bertindak sesuai dengan yang diperoleh melalui analisa chart, bukan dari prediksi yang belum ada basisnya.

Jika trend harga menguat, mereka tidak gegabah melawan trend, sebenarnya tips ini sudah menjadi pengetahuan umum. Namun jarang direalisasikan, sebab banyak trader hanya berfokus pada peluang reversal yang terlalu dipaksakan.

2.      Jangan Ragu Menutup Posisi

Pada zaman dahulu, teknik buy and hold mungkin menjadi yang favorit, sebab dianggap dapat memaksimalkan keuntungan trading. Namun di masa kini cara itu kurang realistis untuk diterapkan.

Terutama untuk trader jangka pendek, nyatanya terus membiarkan posisi terfloating. Tanpa rencana exit yang jelas tidak disarankan dalam forex, selain memerlukan usaha maksimum sebab kita perlu siaga memantau chart.

Teknik semacam itu kurang terintegrasi dengan sistem risk management. Tips sukses seorang trader teknikal terletak pada kesiapan mereka dalam menutup posisi trading, baik itu sudah profit ataupun loss.

Pada prinsipnya, bila sudah profit sesuai dengan target, maka Anda jangan ragu untuk close. Dan jika loss sudah sampai mencapai batas toleransi risiko, segeralah untuk tutup posisi.

3.      Jangan Terobsesi Membuktikan Diri

Membuktikan kebenaran analisa menjadi penyakit paling umum di kalangan trader. Bila ingin sukses menjadi trader teknikal serta bisa bertahan lama di dunia trading, sebisa mungkin hindarilah penyakit tersebut.

Kekurangan ini mendorong trader untuk menyangkal sifat dasarnya sebagai manusia, bahwa semua orang tentu pernah salah. Akhirnya dia akan sulit menerima kerugian sebab menganggap analisanya selalu benar.

Tips sukses trader dalam hal ini ada kaitannya dengan psikologi trading. Hilangkanlah ego Anda bila ingin berhasil menjadi seorang trader sukses, karena untuk profit tidak harus selalu benar.

4.      Pahami Kaidah Backtest Indikator

Hanya sebab di data historis indikator berfungsi dengan baik, bukan lantas di masa mendatang. Tool tersebut pasti selalu menyajikan hasil yang sama, seorang trader teknikal professional selalu menggunakan persepsi realistis.

Ketika melakukan backtest meskipun hasil backtest Anda mengatakan indikator tersebut dapat membawa presentase profit 80%. Jangan terlalu berpatok pada angka tersebut, sebab perhitungan tersebut hanya berdasarkan harga di masa lalu.

Trader teknikal profesional dalam mengukur keberhasilan sistem bukan dari sesuainya dengan hasil backtest. Namun dari tingkat profitabilitas secara keseluruhan, itulah tips untuk bisa menjadi trader teknikal sukses yang perlu diterapkan.

 

Tinggalkan sebuah Komentar