Yuan Resmi Jadi Pesaing Dolar AS di Sistem Mata Uang Global

China berhasil mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, dan telah menjadi negara dengan tingkat ekspor terbesar di dunia dan jadi pesaing dolar AS. Tetapi pertumbuhan ekonomi ini jadi masalah untuk dominasi Dolar AS.

Yuan Resmi Jadi Pesaing Dolar Dalam Sistem Mata Uang Global

Yuan memang belum menjadi negara dengan mata uang global utama. Tetapi dengan melihat bagaimana China menempatkan mata uang Yuan di fase geopolitik menjadi kekuatan tersendiri. Upaya signifikan yang dilakukan juga membuatnya raih kekuatan global.

Mulai dari peluncuran Sistem Antar Bank Lintas Batas (CIPS) dan kontrak berjangka dengan denominasi Yuan, membuat China muncul sebagai kreditur terbesar di dunia. Pengembangan digital Yuan juga menjadi salah satu cara Yuan menambah dominasinya di sistem ini.

Volume perdagangan Yuan memang masih berada 1/10 di bawah dolar AS. Tetapi beberapa waktu ini, dapat terlihat kalau perdagangan dolar AS mulai lebih menurun. Sehingga sejumlah ahli ekonomi dengan percaya diri menempatkan Yuan sebagai pesaing Dolar.

Perang di Ukraina Jadi Landasan Kuat Yuan Sebagai Mata Uang Global dan Pesaing Dolar AS

Kekhawatiran terhadap dominasi dolar jelas telah muncul, karena pasar negara berkembang lebih memilih China ketimbang AS. Nilai Dolar AS secara signifikan terapresiasi, tetapi punya konsekuensi negatif bagi negara yang meminjam dalam dolar.

Belum lagi membayar biaya impor dalam Dolar, karena transaksi yang menjadi lebih mahal. Dan di momentum ini juga yang membuat China memanfaatkannya sebagai cara meraih atensi pasar dan mulai secara perlahan merebut pasar dan jadi pesaing dolar AS.

Kondisi geopolitik dan sanksi terhadap Rusia membuat negara tersebut menggunakan broker terbaik di dunia dan Yuan sebagai metode pembayaran internasional. Bahkan beberapa perusahaan menerbitkan obligasi dalam mata uang Yuan khusus, sehingga mempermudah kegiatan transaksi.

Sehingga ini juga yang keudian membuat Yuan semakin menjadi pesaing dolar AS. Negara-negara lain mulai dihubungi oleh China untuk menerapkan kebijakan yang sama dengan penawaran yang membuat perhatian bergeser dari Dolar ke Yuan.

Sistem pembayaran internasional kini mulai bergeser ke Yuan. Ini karena Yuan China memiliki penawaran yang dianggap lebih menarik ketimbang Dolar AS. Ahli ekonomi bahkan secara resmi menempatkan Yuan China sebagai pesaing dolar AS dalam hal sistem mata uang. Trading pro international

 

Tinggalkan sebuah Komentar