Anjlok, Harga Emas Turun Ke Level Terendah 2 Bulan Terakhir

Harga Emas Turun Ke Level Terendah

Emas turun ke level terendah, hal tersebut dikarenakan melonjak naiknya harga dolar dan adanya tanda-tanda membaiknya ekonomi pasca pandemi.

Pada hari Rabu (17/2) emas sedikit berubah dari awalnya 1.777,59 dolar per gram menjadi 1.769.65 dolar per gram. Akibat penurunan tersebut, berpotensi akan terus berlanjut penurunan hingga sekitar 1.765.00 dolar per gram.

Emas turun ke level terendah selama lima hari berturut-turut sampai hari Rabu (17/2), yang menjadikan sebagai penurunan terpanjang sejak Maret.

Karena data yang menunjukan tentang penjualan ritel AS melonjak terbesar pada bulan Januari kemarin, yang membuat menjadi penjualan terbesar selama tujuh bulan terakhir.

Turun 6% Pada Awal Tahun 2021

Yang mengejutkan, Emas membukukan kenaikan tahun terbesar dalam satu dekade pada tahun lalu, akan tetapi telah mengalami penurunan lebih dari 6% pada awal tahun ini.

Menurun ditengah optimasi pertumbuhan ekonomi, didorong oleh sebuah prediksi dimana vaksinasi semakin maju dan banyaknya bantuan ekonomi, serta kenaikan dari imbal Treasury 10 tahun yang juga membebani.

Fakta unik sebelum Emas turun ke level terendah. Emas sudah mengantisipasi kenaikan penjualan ritel AS, akan tetapi kenaikan penjualan ritel AS jauh lebih baik dari prediksi yang sampai pada angka 5,3%.

Baca Juga : Kurs Poundsterling Jeblok, Imbas Kesepakatan Brexit?

Sementara itu, pembacaan inti pun ikut melonjak dari -1,8% menjadi 5,9%, yang lagi-lagi jauh dari prediksi dan ekspektasi. Selain itu, lonjakan hasil US Treasury dan nilai penguatan dolar (AS) mempengaruhi ketertarikan pada emas batangan.

Tanggapan Margaret Ahli Strategi DailyFX

Ahli strategi DailyFX Margaret yang mengatakan bahwa “investor juga mengamati kenaikan imbal hasil, dolar dan ragu ragu untuk melakukan bargain hunting pada logam mulia saat ini. Karena, imbal hasil diprediksi akan naik lebih jauh karena dipicu stimulus yang akan datang”.

Sedangkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden ingin segera kongres untuk meloloskan RUU paket stimulus, dalam beberapa minggu mendatang. Paket ini termasuk cek stimulus 1.400 dolar AS bagi warga Amerika Serikat dan sebagai tunjangan bagi pengangguran.

Para investor juga menantikan risalah pertemuan kebijakan moneter akhir Januari Federal Reverse yang dirilis pada hari Rabu. Margaret yang juga menambahkan “Nada yang lebih dovish akan memberikan emas beberapa dukungan. Pernyataan netral seperti sebelumnya akan berdampak seperti sebelumnya.” Seperti itulah mengapa Emas turun ke level terendah lebih dari dua bulan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar