Dolar Turun Tipis Namun Masih Dekat dengan High 3 Bulan

Awal perdagangan Eropa hari ini, terpantau dolar turun tipis. Meski begitu, pelemahan ini masih dekat dengan level tertinggi tiga bulan setelah Ketua the Fed, Jerome Powell memberikan kesaksian di hadapan Kongres AS.

Dollar Turun Tipis Namun Masih Dekat dengan High 3 Bulan

Indeks dolar yang mengukur greenback atas mata uang lainnya menunjukkan adanya penurunan sebesar 0.1% di angka 105.543. Akan tetapi angka ini masih dekat dengan high tiga bulan di angka 105.880 yang diperoleh sesi sebelumnya.

Ketua the Fed, Joremo Powell baru saja memberikan kesaksian di depan Komite Jasa Keuangan DPR Amerika Serikat. Ia menyatakan bahwa bank sentral kemungkinan akan menaikkan kembali suku bunga yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar.

Saat ini fokus pasar tertuju pada laporan pekerjaan resmi yang akan dirilis pada hari Jumat nanti. Komentar Powell telah mendorong imbal hasil treasury 2 tahun lebih dari 5.5% di level tertinggi selama 16 tahun terakhir. broker terpercaya

Rupiah Masih Tertekan Meski Dolar Turun Tipis

Pasca kesaksian Powell di depan Kongres AS, rupiah masih menunjukkan pelemahan. Pada penutupan perdagangan, rupiah ditutup menurun 72 poin atau sebesar 0.47% di angka Rp 15.367 per dolar AS.

Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya yaitu sebesar Rp 15.295 per dolar AS. Melemahnya rupiah disebabkan karena kesaksian Powell yang akan kembali menaikkan suku bunga bank sentral lebih besar dari ekspektasi pasar.

Ketua the Fed Jerome Powell telah memberikan kesaksian di depan kongres AS. Meski sempat membuat dolar melesat, akan tetapi hari ini dolar diperdagangkan dengan posisi menurun tipis.

The Fed kembali menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada akhir bulan Maret ini. Angka ini di atas ekspektasi pasar yang memprediksi bahwa kenaikan suku bunga hanya sebesar 25 basis poin.

Meski rupiah melemah akan tetapi data cadangan devisa menunjukkan tren peningkatan. Cadangan devisa berada di angka 104.3 miliar dolar AS pada bulan Februari dan diharapkan akan meningkat di saat dolar turun tipis pasca kesaksian Powell ini. broker fbs

 

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar