Dolar AS Naik Didukung Kekhawatiran Pertumbuhan Global

Nilai dolar AS naik pada perdagangan hari pertama di awal minggu ini. Kenaikan ini didukung oleh kegelisahan terhadap pertumbuhan ekonomi global yang dapat membantu kenaikan dolar safe haven.

Dolar AS Naik

Pada perdagangan tersebut indeks dolar AS mengukur greenback terhadap beberapa mata uang lainnya. Nilai dolar sendiri sudah naik hingga 0,29 persen dan membuatnya berada di angka 107,32.

Selain kegelisahan terhadap pertumbuhan ekonomi global, tentunya ada berbagai faktor yang membuat nilai dolar AS naik. Tentunya hal ini masih ada kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Baca juga : Harga emas antam turun dalam perdagangan sepekan

Untuk pasangan USD/JPY juga ikut naik sebesar 0,72 persen yang berada di angka 137,05. Kenaikan ini juga didukung oleh faktor yang membuat pasangan Yen Jepang dan dolar AS naik.

Untuk beberapa pasangan mata uang lainnya juga ikut mengalami kenaikan. Tentunya hal ini disebabkan oleh berbagai hal yang berkaitan dengan pertumbuhan secara global di dunia perdagangan.

Nilai Dolar AS Naik dengan Kuat 

Terkait dolar AS yang naik dikomentari oleh Rodrigo Catril yang merupakan Ahli Strategi Mata Uang National Australia Bank. Ia menyebutkan bahwa dolar AS menguat secara keseluruhan.

Akan tetapi, untuk pasangan dolar AS dan Yen Jepang yang memimpin pergerakan. Sebelum itu, Gubernur Bank of Japan bernama Haruhiko Kuroda menyebutkan terkait keputusan yang akan diambil oleh bank sentral.

Ia menyebutkan tidak akan ragu untuk mengambil langkah pelonggaran moneter tambahan yang diperlukan. Sementara itu, untuk pasangan AUD/USD mengalami penurunan sebesar 0,59 persen di angka 0,6816.

Dibalik nilai dolar AS naik untuk pasangan NZD/USD mengalami penurunan sebesar 0,40 persen di angka 0,6167. Menyusul untuk pasangan USD/CNY naik sebesar 0,21 persen menjadi 6,7093.

Sementara itu, untuk pasangan GBP/USD turun di angka 0,35 persen menjadi 1,1986. Kekhawatiran terhadap inflasi yang tinggi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi terus membebani pasar secara menyeluruh.

Untuk tingkat pengangguran tetap mencapai angka 3,6 persen dan sudah diredakan beberapa kekhawatiran resesi. Karena hal itulah nilai dolar AS naik dan menjadi salah satu safe haven di masa sekarang.

 

Tinggalkan sebuah Komentar