Emas Bidik Level 1800 Dollar, Tepatnya Ketika Greenbak Melemah

gold turun dollar naikHarga emas mengalami koreksi kenaikan sedikit lebih tinggi pada perdagangan Selasa pagi WIB. Hal ini karena dollar yang lemah dan imbal hasil obligasi juga lebih rendah. Emas bidik level 1800 di tengah beragamnya data ketenagakerjaan AS tentang pengetatan kebijakan yang lebih cepat.

Emas sendiri di Pasar Spot naik 0,2% sehingga diperdagangkan pada 1.790,70 dollar AS per ounce. Kemudian emas mencapai level tertingginya sejak 18 Juni lalu pada 1.794,86 dollar AS. Sebagian besar pasar AS termasuk Bursa Comex ditutup Senin kemarin untuk liburan Hari Kemerdekaan.

Dollar telah melepaskan sebagian kekuatannya akhir-akhir ini dan emas mempertahankan kenaikan yang terjadi. Kenaikannya itu menantang resistensi di depan 1.800 dollar AS.

Emas Memiliki Kemungkinan Untuk Naik

Di saat yang sama juga laporan pekerjaan tidak terlalu panas sehingga semakin mengurangi resiko tindakan apapun oleh FOMC lebih cepat, emas sekali lagi memiliki kemungkinan untuk naik, yakni emas bidik level 1800 dollar AS.

Baca Juga Disini : Rupiah Kembali Hajar Dollar As Yang Sedang Lesu

Perusahaan-perusahaan AS pada Juni lalu mempekerjakan sebagian besar pekerjanya dalam 10 bulan. Sedangkan pengangguran tumbuh lebih tinggi sehingga partisipasi tenaga kerja tidak bergerak, pada gilirannya laju pertumbuhan pendapatan per jam jadi melambat.

Pada radar investor minggu ini, risalah pertemuan terbaru Fed bisa saja diterbitkan Rabu besok. Tujuannya untuk menjelaskan lebih banyak pandangan pembuat kebijakan mengenai inflasi dan kebijakan moneter yang diambil.

Avtar Sandu, Manajer Komoditas Senior di Philip Futures, mengatakan bahwa “The Fed memiliki kecenderungan baru-baru ini terhadap sikap hawkish mulai berkurang, karena sejumlah pejabat Fed ikut menenangkan Pasar.

Jika dollar AS mengalami penguatan yang cukup tinggi maka harga emas bisa sebaliknya, mengalami penurunan. Bahkan pada perdagangan Selasa ini, harga emas di pasar spot juga sempat mengalami penurunan 0,1% menjadi 1.785,41 dollar AS per ounce.

Investor sendiri tengah menunggu data-data ekonomi AS agar mendapatkan petunjuk dari kebijakan moneter Bank Sentral AS atau The Fed, dengan begitu sentimen positifnya akan terasa.

Jadi emas bidik level 1800 itu bisa saja tercapai di sektor perdagangan dimana dollar AS melemah.

Tinggalkan sebuah Komentar