Harga Emas Jatuh Lagi yang Dipengaruhi Beberapa Faktor

Harga emas jatuh pada perdagangan terakhir Selasa atau Rabu pagi WIB. Jatuhnya harga emas ini membuat kerugian semakin panjang selama dua hari berturut-turut setelah dua hari sebelumnya juga melemah.

Harga Emas Jatuh

Hal utama yang menyebabkan penurunan harga emas adalah dolar AS yang lebih kuat. Selain itu adanya kenaikan imbal hasil obligasi dari pemerintah AS juga mempengaruhi penurunan harga emas.

Baca juga : Nilai rupiah turun, data inflasi As beri pengaruh besar

Kenaikan imbal hasil obligasi ini terjadi sebelum adanya pertemuan yang dilakukan oleh Federal Reserve. Hal tersebut membuat ketertarikan terhadap logam kuning semakin menurun dan membuat harga emas jatuh.

Harga emas paling banyak terjadi pada pengiriman di divisi Comex New York Exchange pada bulan Agustus. Hal tersebut membuat harga emas merosot sebesar 18,3 dolar AS atau sekitar satu persen.

Penurunan tersebut membuat emas tutup di harga 1.813,50 dolar AS per ounce. Angka tersebut membuat status emas menetap pada level terendah selama empat minggu terakhir dalam perdagangan.

Harga Emas kembali Jatuh lebih rendah

Jenis emas berjangka ikut merosot ke angka 43,7 dolar AS atau turun sekitar 2,33 persen. Penurunan tersebut membuat emas berjangka dijual di angka 1.821,80 dolar AS pada perdagangan awal minggu.

Harga untuk emas berjangka usai berhasil melonjak 22,70 dolar AS atau sekitar 1,23 persen pada perdagangan akhir minggu kemarin. Membuat emas berjangka dijual di angka 1.875,50 dolar AS.

Kondisi ini membuat para pedagang logam kuning menunggu keputusan dari pertemuan yang dilakukan Federal Reserve. Mengingat adanya inflasi tahunan 8,6 persen di bulan Mei yang sangat mengecewakan.

Adanya rilis data ekonomi pada hari Selasa membuat harga emas jatuh dan kurang menjadi daya tarik. Sebelum adanya pencapaian konsumen, emas melonjak 0,8 persen di bulan Mei.

Untuk jenis logam mulia lainnya menyusul jatuh seperti emas. Perak untuk pengiriman bulan Juli turun ke angka 30,1 sen atau sekitar 1,42 persen dengan angka sebesar 20,954 dolar per ounce.

Sementara itu, untuk jenis platinum pengiriman bulan Juli juga ikut jatuh sebesar 21,6 dolar AS atau sekitar 2,32 persen. Penurunan tersebut menyusul harga emas jatuh pada perdagangan pagi hari ini.

 

Tinggalkan sebuah Komentar