Harga Emas Naik Karena Adanya Pengunduran Obligasi AS

harga emas naik

Harga emas naik sebesar 2 persen menuju level tertinggi selama satu bulan pada akhir perdagangan kemarin. Tentunya kenaikan ini melanjutkan keadaan sebelumnya yang juga mengalami peningkatan.

Kenaikan ini melanjutkan kenaikan sebelumnya yang juga terjadi karena adanya kemunduran pada dolar. Selain itu, adanya imbal hasil obligasi pemerintah AS mampu mengangkat permintaan terhadap logam mulia.

Ini terjadi karena logam mulia dianggap aman sehingga banyak investor yang mencarinya. Kontrak harga emas yang paling aktif adalah pengiriman untuk bulan Desember mendatang di divisi Comes New York Exchange.

Harga emas mengalami pelonjakan sebesar 35,4 dolar AS atau setara 2,01 persen. Harga ini terjadi pada penutupan harga yang berada di angka 1.794,70 dolar AS per ouncenya.

Pada hari sebelumnya emas berjangka juga mengalami peningkatan harga. Emas berjangka meningkat sebesar 3,6 dolar AS atau setara dengan 0,21 persen menjadi 1.759,30 dolar AS.

Harga Emas Naik Akibat Adanya Pengunduran Obligasi AS

Sementara, pada perdagangan di awal minggu emas terpangkas sebesar 1,7 dolar AS atau setara dengan 0,1 persen menjadi 1.755,70 dolar AS. Harga ini juga berhasil dicapai usai mengalami pelemahan.

Menurut broker forex terbaik, peningkatan terjadi usai mengalami pelemahan pada akhir pekan lalu. Pelemahan terjadi mencapai 1,8 dolar AS atau setara dengan 0,1 persen menjadi 1.757,40 dolar AS.

Ahli strategi pasar senior di RJO Futures bernama Daniel Pavilionis juga ikut berkomentar terkait harga emas. Menurutnya emas hanya mengikuti imbal hasil saat ini sehingga memberikan reaksi lonjakan besar.

Baca juga : Dollar as makin turun, terjadi jelang data inflasi keluar

Sementara itu, menurut Departemen Tenaga Kerja AS indeks harga konsumen AS dan ukuran inflasi naik sebesar 0,4 persen. Harga ini lebih tinggi dibandingkan ekspektasi pasar untuk kenaikan 0,3 persen.

Kabarnya IHK AS selama 12 bulan terakhir mengalami peningkatan sebesar 5,4 persen setelah mengalami kenaikan sebesar 5,3 persen tahun ke tahun. Tentunya hal ini menjadi faktor peningkatan harga emas.

Sementara itu, harga emas dalam 10 tahun terakhir menjadi acuan naik di atas 1,6 persen. Tentunya ini juga menyusul harga konsumen AS yang meningkat membuat harga emas naik secara konsisten.

 

Tinggalkan sebuah Komentar