Harga Minyak Dunia Menurun Setelah Mengalami Lonjakan

harga minyak dunia menurun

Harga minyak dunia menurun pada perdagangan Rabu (17/2)dipicu karena dolar AS yang naik dan bertambahnya jumlah cadangan minyak di Amerika Serikat (AS), dalam kondisi yang terlalu banyak cadangan minyak dan dipengaruhi cuaca yang ekstrem bisa sampai mengakibatkan minimnya konsumsi minyak oleh pasar.

Sedangkan beberapa hari sebelum harga minyak dunia menurun, sempat mengalami kenaikan yang drastis, bahkan mendekati level tertinggi 13 bulan pada perdagangan selasa (16/2).

Sempat Mengalami Kenaikan yang Drastis

Kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh cuaca ekstrem di Amerika Serikat bagian Selatan yang sampai menutup sumur dan kilang minyak di Texas.

Pasokan minyak mentah berjangka Amerika Serikat, yaitu West Texas Intermediate (WTI), menyerah di angka 33 sen, atau 0,6% menjadi 59,72 dolar AS per barel, menurun dari level tertinggi yang dicapai selama 13-bulan, yaitu 60,95 dolar AS per barel.

Di sisi lain, Brent juga menurun sampai 40 sen, atau 0,6% menjadi 62,95 dolar AS per barel. Brent mengalami penurunan setelah Norwegia yang mana adalah produsen minyak dan gas terbesar di Eropa Barat.

Setelah menghindari pemogokan dan penutupan ladang lepas pantai utama, dikarenakan pekerja yang tawar-menawar upah.

Baca Juga : Semakin Loyo, Rupiah Melemah Ke Rp 14.025 Pada 18 Februari

Akan tetapi sebelum harga minyak dunia menurun, harga minyak dari West Texas Intermediate (WTI) naik 5 sen, atau 0,1% menuju level 63,35 dolar AS per barel, sedangkan harga minyak Brent sebelumnya mencapai 60,05 dolar AS per barel, naik 58 sen atau 1%

Cuaca Esktrem di Texas Mengakibatkan Kegiatan Tambang Minyak Berhenti

Cuaca Ekstrem di Texas, membuat pemberhentian aktivitas penyulingan minyak dan penutupan operasi minyak dan gas. Cuaca ekstrem tersebut menutup sampai seperlima dari keseluruhan kapasitas penyulingan minyak nasional, juga produksi minyak dan gas hingga satu juta barel per hari di negara tersebut.

Selain pemberhentian aktivitas penyulingan minyak dan gas, cuaca ekstrem juga membuat pasokan listrik di AS berhenti.

Akan tetapi, Texas selama ini menjadi wilayah yang memasok sebagian besar minyak di AS, Texas juga menjadi bagian wilayah dari pusat penyulingan utama di AS.

Fakta Unik dari minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) sebelum harga minyak dunia menurun adalah melonjaknya harga selama tiga sesi, sedangkan Brent, melonjak selama empat sesi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar