Imbas Pelemahan Dolar AS Membawa Naik Harga Emas Dunia

dolar turun emas naik

Belakangan ini banyak sekali penurunan atau pelemahan akan nilai mata uang. Mulai dari mata uang digital cryptocurrency hingga nilai kurs dari mata uang dolar Amerika Serikat. Akibat pelemahan nilai forex dari dolar AS ini membawa  kembali menguat.

Situasi yang satu ini bisa digunakan untuk pemulihan daya tarik dari logam jenis emas tersebut. Kenaikan yang dialami oleh emas dunia ialah 1,1% atau setara dengan US$ 1.782,83 per ounce. Untuk emas berjangka yang ada di Amerika Serikat telah naik sebesar 0,8% atau setara dengan US$ 1.782,90 per ounce.

Emas Kembali Diminati

Dengan adanya peningkatan harga emas dunia ini, banyak orang yang sudah kembali membeli emas. Sebagai bentuk koreksi dari situasi yang tengah terjadi di masa pandemi Covid-19 serta proses pemulihan ekonomi global ini.

Pada pekan sebelumnya, harga emas sempat ambruk sebesar 6% atau sekitar US$ 113 per ounce. Oleh karenanya Federal Reserve menyatakan bahwa dengan segera akan mengurangi pembelian aset dan menaikkan suku bunga pada tahun 2023 mendatang.

Baca juga disini : Investor Mengevaluasi Kembali Dollar AS Yang Menurun.

Kini, para investor didorong untuk membeli aset emas sebanyak – banyaknya akibat DXY atau Indeks Dolar yang mengalami pelemahan level dalam setengah bulan ini. Berdasarkan analisis Bank of America Global Research, peningkatan harga emas dunia ini akan belangsung hingga akhir tahun.

Perkiraan naiknya harga emas ini bisa mencapai pada nilai US$ 1.800 per ounce. Akibat mata uang dolar AS yang mengalami overbought. Untuk pembelian obligasi lanjutan oleh The Fed dan suku bungan pun tidak akan mengalami kenaikan dalam jangka waktu yang dekat ini.

Logam Mulia Lain Juga Mengalami Kenaikan

Dengan peningkatan harga dari emas dunia, memunculkan pula beberapa kenaikan dari jenis logam mulia lainnya. Seperti pada platinum yang meningkat sebesar 2,5% atau setara US$ 1.060,05 per ounce. Paladium yang juga ikut melambungkan harga sebesar 4,5% atau setara dengan US$ 2.575,24 per ounce.

Di mana pasa pekan sebelumnya harga paladium sempat mengalami penurunan lebih dari 11%. Nah tak lupa pula dengan perak yang juga mengalami kenaikan harga 0,6% atau setara dengan US$ 25,95 per ounce.

Tinggalkan sebuah Komentar