Kesempatan Emas Dunia Menguat Adanya Hawkish the Fed

Pada perdagangan minggu ini tercatat harga dari emas dunia menguat tipis lagi. Hal itu menunjukkan pengukuhan peningkatannya selama tiga sesi berturut sampai akhir minggu ini.

Emas Dunia Menguat Adanya Hawkish the Fed

Tercatat harga emas paling aktif terjadi pada pengiriman bulan Agustus pada duvusu Comex New York Exchange. Tepatnya pada Jumat (16/6) yang tipis menanjak ke 0,50 dolar AS atau 0,03%.

 

Dan ditutup di 1.971,20 dolar AS per ons. Di mana setelah sentuh di level paling tingginya yakni 1.980,40 dolar AS dan angka terendahnya di 1.965,40 dolar AS.

 

Untuk nilai emas berjangka mengalami pergerakan dari 1.958,60 USD Selasa (13/6) dan naik 10,30 USD atau 0,53% di angka 1.968 USD Rabu (14/6). Kamis emas lagi-lagi menguat tipis 0,09% di1.970,70 USD. broker exness

 

Harga Emas Dunia Menguat

Penguatan harga emas tersebut dikarenakan adanya pernyataan hawkish dari the Fed mengenai suku bunga pada minggu ini. Di mana pernyataan tersebut mengungkapkan jika the Fed cenderung pilih tahan tingkat suku bunga.

 

Bukan hanya itu saja, penguatan emas juga terjadi karena adanya penurunan dolar Amerika Serikat (USD). Di mana dolar AS terus mengalami penurunan selama satu bulan terakhir ini.

 

Berdasarkan analis pasar senior OANDA, Edward Moya, pasar sampai sekarang masih yakin jika the Fed hampir menyelesaikan pengetatan kebijakannya. Sebab semua orang mulai masuk ke pasar saham.

 

Ada banyak hal yang membuat harga emas dunia menguat pada perdagangan akhir-akhir ini. Pasar saham dipercaya mampu meredam permintaan supaya punya tempat berlindung aman.

 

Menurutnya hal itu susah untuk emas karena ada saham yang terus naik dan the Fed mengungkapkan lebih hawkish. Menurut Christopher Waller, Gubernur the Fed mengatakan mengenai tekanan keuangan perbankan.

 

Di mana hal itu jadi salah satu penyebab yang nantinya akan terus diawasi oleh the Fed agar bisa tentukan kebijakan moneter tepat. Menurutnya pada konferensi pers Oslo, inflasi tidak bergerak.

 

Hal itu mungkin bisa memerlukan sejumlah pengetatan kebijakan lagi sebagai bentuk usaha agar dapat menurunkannya. Presiden the Fed juga mengutarakan jika kenaikkan dari suku bunga dini dihentikan menyebabkan inflasi.

 

Bahkan level inflasinya bisa lebih tinggi dari biasanya sumber brokerindo. Harga emas dunia menguat karena ada banyak penyebabnya, salah satunya karena nada hawkish yang disampaikan oleh the Fed.

 

Tinggalkan sebuah Komentar