Nilai IDR Meningkat dalam Ekonomi Digital Capai 80 Miliar USD

Nilai IDR meningkat pada 21 November 2023 hal ini dikutip dari pernyataan menteri coordinator perekonomian yaitu bapak Airlangga Hartanto. Beliau mengutarakan bahwa nilai IDR dalam perekonomian digital ASEAN terus mengalami peningkatan tinggi.

Nilai IDR Meningkat dalam Ekonomi Digital Capai 80 Miliar USD

Hal ini cukup mengejutkan bahwa pada tahun ini nilai ekonomi Indonesia meningkatkan sehingga memiliki jumlah sebesar 80 miliar USD di ASEAN. Peningkatan ini diperkirakan oleh menteri coordinator hingga pada tahun 2030 sehingga dapat mencapai 1 triliun dollar Amerika Serikat.

Salah satu penyebab mengapa pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sangat pesat di banding beberapa negara ASEAN berasal dari banyaknya perusahaan rintisan atau startup. Di Indonesia sendiri jumlah startup semakin bertambah banyak setiap tahunnya sehingga cocok menjadi pertimbangan dalam trading di brokerindofx.com.

Alasan Nilai IDR Meningkat Hingga 80 Miliar USD

Dengan tingginya jumlah startup dan terus bertumbuh setiap tahunnya menyebabkan negara Indonesia menempati posisi keenam dari negara di dunia dengan jumlah perusahaan start up terbanyak. Selain itu juga terdapat faktor lain yang ikut mendukung pertumbuhan digital tersebut.

Salah satunya adalah mengapa nilai IDR meningkat hingga mencapai 80 miliar USD berasal dari gencarnya pembangunan infrastruktur digital. Pemerintah sendiri berencana untuk melakukan pembangunan terhadap tower BTS atau Base Transceiver Station hingga 1800 titik.

Dengan adanya pembangunan tower BTS ini diharapkan infrastruktur digital akan semakin berkembang. Selain pembangunan BTS pemerintah juga melakukan pembangunan terhadap lebih dari 1200 km jaringan demi menyokong jaringan internet supaya menjadi lebih kencang.

Menko bidang perekonomian Airlangga Hartanto juga menyatakan bahwa kedepannya pemerintah juga akan meluncurkan program akademi kepemimpinan sebagai bentuk keseriusannya. Program ini nantinya akan bekerja sama dengan mitra swasta seperti Microsoft dan apple.

Adanya program tersebut dapat diharapkan mampu menyumbang nilai IDR meningkat pada tahun berikutnya. Selain itu tumbuhnya perekonomian digital Indonesia sekitar 4,94 % dalam kuartal ketiga 2023 ini termasuk kedalam urutan nomor 5 teratas di dunia dibandingkan negara lainnya.

Secara fundamental sendiri pertumbuhan ekonomi IDR lebih baik daripada beberapa negara berkembang lainnya seperti Malaysia, Meksiko, hingga Tiongkok. Selain itu dengan tren domestic consumption yang kuat juga mendorong meningkatnya PDB dalam negeri.

Tingginya perkembangan startup di Indonesia sendiri justru mendorong perkembangan ekonomi digital lebih maju. Hal ini yang membantu nilai IDR meningkat dalam ekonomi digital.

Tunggu apalagi bagi anda trader pemula dan ingin mendapatkan profit. Kami merekomendasikan broker XM sebagai salah satu broker terbaik dan terpercaya di Indonesia. Lihat disini panduan cara mendaftar broker XM, ikuti langkahnya sampai verifikasi.

Tinggalkan sebuah Komentar