Pasangan AUD/USD Pulih Sebagian, Turun Sedikit Di Wilayah 0,7610

Beberapa faktor memberikan pengaruh terhadap aksi jual baru di sekitar pasangan AUD/USD hari ini. Termasuk komentar dari Powell, Ketua FED yang optimis mengangkat USD sekaligus nada beresiko yang lebih lembut membebani AUD.

Pasangan Kurs AUD/USD terus tertekan di sepanjang awal sesi Eropa padahal telah berhasil rebound sekitar 20 pip. Bahkan pasangan tersebut terakhir pernah diperdagangkan itu di sekitar wilayah 0,7610 atau turun 0,10% untuk hari ini.

Pada hari pertama di awal pekan perdagangan baru, pasangan AUD/USD telah menawarkan aksi jual yang menarik karena tertekan oleh kombinasi berbagai faktor. Dimana Dollar AS menemukan beberapa dukungan dari komentar optimis Ketua FED, Jerome Powell.

Baca Juga Disini : Bulish Butuh Akselerasi, Harga Emas Spot Melemah Di sesi Eropa.

Di sisi lain juga terdapat sedikit penurunan dalam sentiment resiko global. Situasi tersebut mendorong aliran mata uang yang berlindung di balik Greenback dan membebani Dollar Australia yang sama-sama dianggap beresiko.

Pada sebuah sesi wawancara, Powell mengatakan bahwa ekonomi AS dipercaya akan mengalami peningkatan salah satunya dengan menyediakan lebih banyak lowongan pekerjaan. Tentu saja Pasangan AUD/USD mendapatkan sentiment positif meski tak begitu banyak.

Komentar tersebut juga mempengaruhi ekspektasi pasar yang menguat karena kecepatan penanganan vaksinasi virus Covid-19. Pemulihan ekonomi AS cukup mengesankan dan rencana pengeluaran infrastruktur oleh Presiden AS Joe Biden sebesar $2triliun tidak bisa dikesampingkan.

Faktor lain juga ikut mempengaruhi AUD/USD di perdagangan hari ini yakni berita mengenai fasilitas nuklir Iran. Aksi teroris telah merusak selera investor terhadap aset yang dianggap beresiko tersebut dan menguntungkan aset safe-haven tradisional, USD berada di dalamnya.

Terlepas dari faktor negative, nilai AUD/USD telah berhasil menunjukkan beberapa ketahanannya di bawah angka 0,7600. Yang pada gilirannya, tentu saja membutuhkan beberapa kehati-hatian dalam menentukan posisi pergerakan depresiasi jangka pendek yang lebih lanjut dalam pergerakan pasarnya.

Bahkan untuk perspektif teknis juga pasangan AUD/USD telah bersosialisasi dalam wilayah perdagangan yang lebih luas dalam tiga pekan ini. Untuk mengkonfirmasi lintasan pendek yang lebih baik, perlu ada terobosan berkelanjutan di kedua arah.

Tinggalkan sebuah Komentar