Sterling Melawan Dolar AS – Rekomendasi GBP/USD Selama Satu Minggu

GBP/USD mengalami tekanan dan turun ke level 1.3730 atas keprihatinan terhadap masalah yang dihadapi oleh AstraZenecca terus mempengaruhi Poundsterling. Kemudian dipengaruhi juga oleh kerusuhan di Irlandia Utara yang sudah masuk hari ke sembilan dimana belum ada penyelesaiannya.

Pada awalnya poundsterling terdorong naik karena PM Boris Johnson mengumumkan akan membuka kembali beberapa tempat santai atau pusat perbelanjaan. Keputusan tersebut juga dihasilkan karena kasus covid di Inggris terus mengalami penurunan.

Baca juga disini : Pasangan AUD/USD Pulih Sebagian, Turun Sedikit Diwilayah 0,7610

Sayangnya, Poundsterling mendapatkan pukulan yang cukup berat akibat isu AstraZeneca. Isu tersebut mengenai hubungan antara penyuntikan vaksin dengan adanya penggumpalan darah yang terjadi sehingga menyebabkan ketakutan public.

Publik tetap mengalami ketakutan meski kemungkinan terjadinya hanyalah satu dari satu juta orang yang divaksin.

Poundsterling juga terbebabni oleh berita kekurangan supply vaksin. Isu lain yang mengemuka yakni Brexit dimana adanya kefrustasian mengenai pengaturan di Irlandia Utara menjadi salah satu isu yang memicu terjadinya kerusuhan di Belfast.

Kekalahan Sterling melawan Dolar AS juga salah satu indikatornya karena pertumbuhan ekonomi tetap kuat. PMI jasa yang telah dikeluarkan oleh ISM menyentuh level yang menjadi rekor tertinggi yakni 63.7 di bulan Maret.

Namun, klaim pengangguran mingguan muncul di atas 700.000 yang membuat khawatir beberapa investor untuk pemulihan employment tetap jauh. Pemerintah AS perlu memberikan kembali pekerjaan bagi orang yang kehilangan kesempatan bekerjanya dan menunjukkan hasilnya secara lebih nyata.

Hal ini juga membuat dollar AS berada di bawah tekanan yang cukup kuat meskipun itu tidak akan berlangsung lama. Justru kebanyakan investor kembali mencari dollar AS agar aman dan pendapat dari para pengamat bukanlah berita baru.

Setelah memasuki minggu perdagangan yang baru dengan disertai situasi tertekan, Kekalahan Sterling melawan Dolar AS disebabkan oleh banyaknya faktor yang melatarbelakangi.

Tinggalkan sebuah Komentar