Pendanaan Transisi Energi Norwegia 250 Juta USD untuk JETP

Pendanaan transisi energi Norwegia dalam implementasinya telah disambut baik oleh Menlu RI, Retno Marsudi.  Dimana komitmen dalam Just Energy Transition Partnership (JETP) dilakukan dengan kucurkan dana 250 juta dolar AS.

Pendanaan Transisi Energi Norwegia 250 Juta USD untuk JETP

Selain itu dalam kesempatannya di Oslo, Menlu juga sampaikan ajakan kepada Norwegia untuk tingkatkan investasi di Tanah Air. Termasuk dalam bidang pembangunan energi hijau hingga industri hilir.

Adanya pendanaan ini tentu dapat memengaruhi pergerakan nilai USD/IDR. Sehingga menjadi salah satu kabar yang banyak dibahas di broker forex spread tipis, khususnya untuk menambah informasi para trader.

Pendanaan Transisi Energi Norwegia Sebagai Komitmen JETP

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi sampaikan Indonesia sambut baik komitmen Norwegia dalam keterangan pers dari Oslo pada Selasa (13/6/2023). Implementasi JETP di Indonesia sendiri berupa 3,7 triliun rupiah dana.

Retno ikut serta menyambut penandatanganan nota kesepahaman bersama Menlu Norwegia, Anniken Huitfeldt. Nota ini mendukung perihal pengurangan emisi yang dihasilkan FOLU atau Forestry and Other Land Use.

Retno menyebutkan, “Kerja sama sudah mulai berlangsung, serta akan berguna untuk dukung usaha Indonesia turunkan emisi sektor kehutanan.” Dirinya juga sempat bertemu Espen Barth Eide, Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia.

Ketika pertemuannya dengan Eide, Retno ungkap dirinya juga menjelaskan permasalahan deforestasi di Indonesia. Selanjutnya dalam pembahasan mengenai pendanaan transisi energi Norwegia, Retno ungkapkan data itu dispresiasi oleh pihak negara tersebut.

Retno menambahkan “Indonesia serta Norwegia memiliki komitmen untuk perkuat implementasi Memorandum MoU on FOLU, guna mendukung pengurangan emisi.” Menurutnya hal ini sama dengan diskusinya bersama Menlu negara tersebut.

Pada pertemuannya dengan Eide, Menlu RI juga membahas mengenai kemungkinan kerja sama dalam pengembangan bidang kelautan. Dirinya menyampaikan isu ocean yang akan jadi prioritas RI, terutama pada KTT AIS.

Selain bertemu untuk membahas pendanaan transisi energi Norwegia, Retno juga mengadakan pertemuan dengan Jonas Gahr Store, Norwegian Prime Minister. Pertemuan tersebut dilaksanakan cukup lama, dimana membahas berbagai isu global yang sensitif.

Menurut Menlu RI, Store memberi apresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20 yang diadakan tahun lalu. Store yakin Indonesia dapat memainkan kepemimpinan dengan sama pada pelaksanaan ASEN.

Pada kunjungan singkatnya ke OSLO, Retno menemui Menteri Luar Negeri Norwegia. Dimana pertemuan tersebut untuk penandatanganan nota kesepahaman, berhubungan dengan implementasi pendanaan transisi energi Norwegia dalam JETP. cara daftar octafx

 

Tinggalkan sebuah Komentar