Perdagangan Pasar Aset Kripto Fisik Resmi Dirilis oleh Bappebti

Perdagangan Pasar Aset Kripto

Penerbitan aturan atau pun pedoman penyelenggaraan perdagangan pasar aset kripto fisik telah resmi dirilis oleh Bappebti. Aturan tersebut sudah dirilis pada tanggal 1 November 2021 lalu melalui Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Di dalam aturan tersebut, Bappebti sudah mewajibkan perdagangan pasar fisik dari aset kripto untuk dilakukan dengan fokus kepada lima hal berikut ini.

Isi Pedoman Perdagangan Pasar Aset Kripto dari Bappebti

Untuk yang pertama ialah prinsip mengenai tata kelola perusahaan yang baik, dengan cara memprioritaskan kepentingan dari para anggotanya, perdagangan fisik dari aset kripto, termasuk di dalamnya adalah pelanggan aset kripto agar mendapatkan harga transparan.

Isi pedoman kedua adalah memperhatikan tujuan utama dari pembentukan pasar fisik sebagai sarana membuka harga agar lebih transparan dan juga persediaan saran serah terima secara fisik, dan digunakan sebagai acuan harga pada Bursa Berjangka.

Ketiga adalah adanya kepastian hukum seputar perdagangan kripto. Keempat yakni memberikan perlindungan kepada para pelanggan aset kripto. Dan yang terakhir adalah sebagai fasilitas inovasi maupun perkembangan dari aktivitas usaha perdagangan aset kripto fisik.

Bappebti pun menjelaskan bahwa ketentuan tersebut sudah diatur dengan matang dan tidak ditujukan kepada penawaran perdana aset kripto, atau pun penwaran perdana tokenisasi.

Selain itu juga, Bappebti telah mengeluarkan aturan dari jenis aset kripto yang diperbolehkan untuk diperdagangkan bila sudah memenuhi persyaratan, yakni aset kripto berbasis ledger technology, aset kripto.

Serta sudah mempunyai hasil penilaian dengan metode AHP yang telah ditentukan oleh Bappeti. Sementara itu, untuk penilaian dari metode AHP ini, broker forex terbaik mesti mempertimbangkan secara matang.

Baca juga : Prediksi harga batu bara melemah pada akhir tahun 2021

Terutama ketentuan dari nilai kapasitas pasaran aset kripyo dan transaksi ke dalam bursa aset di seluruh dunia. Lalu, mempunyai manfaat dari segi ekonomi, mulai dari pertumbuhan ekonomi digital, perpajakan, industri informatika.

Juga penilaian terhadap risiko yang mungkin bisa terjadi. Perdagangan pasar aset kripto secara fisik yang resmi dikeluarkan oleh Bappebti tentu saja jadi kabar baik kepada para pelanggannya, serta harus memperhatikan pedoman yang telah berlaku.

Tinggalkan sebuah Komentar