Setelah Pengumuman RBNZ Muncul, Dolar New Zaeland Meroket

Pada hari senin, tanggal 14 April 2021 sumber ternama SeputarForex mencatat adanya fakta terbaru, yakni dolar New Zaeland meroket. Bahkan kenaikan ini berawal dari 0,8% ke kisaran angka 0.7100 terhadap dolar Amerika Serikat di perdagangan sesi Eropa.

Tentu saja semua ini mencetak penguatan tertinggi pada kalangan major kairs. Adapun dibalik ini semua ada sejumlah faktor yang mendukung reli kiwi. Adapun yang paling utama adalah pengumuman Bank Sebtrak New Zaeland atau RBNZ yang sangat sesuai dengan ekspetasi pasar beserta pemulihan sentiment risk-on.

Perlu diketahui bahwa sebelum dolar New Zaeland meroket NZD atau USD sempat mengalami keruntuhan di terakhir bulan kemarin. Hal ini terjadi karena pemerintah dari New Zaeland melakukan perombakan terhadap peraturan tentang pajak properti.

Baca Juga Disini : Pertumbuhan Ekonomi AS Mempengaruhi NZD/USD.

Namun adanya perbaikan terhadap sentiment resiko global ini mengundang beberapa arus modal dari pihak investor yang masuk kembali ke kawasa negeri tersebut. Terlebih pengumuman yang disampaikan oleh RNBZ dinilai sangat datar. RNBZ sendiri juga memilih untuk mempertahankan nilai suku bunga.

Nilai tersebut berada di level 0,25% dan tidak dapat mengubah skala program pada pembelian aset di sekarang ini. Pihak dari RNBZ juga memberikan penegasan untuk siap menambah stimulus jika memang dibutuhkan. Bahkan tidak ada tampikan atau elakan bahwa ada spekulasi terkait kenaikan suku bunga tahun depan.

Kenaikan ini dinilai akan mencapai titik eksplisit. RNBZ juga tengah melakukan upaya-upaya untuk menggenjot inflasi supaya dapat melebihi target 2 persen di beberapa waktu sebelum benar-benar menaikkan suku bunga. Hal ini juga dilakukan oleh bank-bank sentral mayor lainnya.

Meskipun kenaikan inflasi yang terjadi pada tahun ini kemungkinan besar hanya sementara dan tidak terdapat bank sentral yang dapat melakukan kenaikan suku bunga dalam kurun waktu yang cukup dekat. Pada konteks ini spekulasi terkait kenaikan suku bunga RNBz yang terjadi di tahun depan termasuk proyeksi.

Dimana nantinya proyeksi tersebut sangatlah secepat jika dibandingkan dengan bank sentral mayor lainnya. Untuk itulah dolar New Zaeland meroket.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar