Suku Bunga ECB Akan Naik Lagi untuk Bulan Juni dan Juli

Suku bunga ECB terbaru disebutkan akan naik sebesar 25 basis poin, diprediksi pada 15 Juni nanti. Bank Sentral Eropa juga diprediksi akan kembali menaikkan suku bunga pada bulan Juli nanti. Namun, inflasi tetap di zona yang kaku meskipun pergerakan pasar cukup stabil.

Suku Bunga ECB Akan Naik Lagi Untuk Bulan Juni dan Juli

Secara total, kenaikan gabungan suku bunga bank sentral Eropa mencapai 375 basis poin, dan ini hanya total angka dalam 1 tahun terakhir. Aktivitas ekonomi di blok 20 negara Eropa ini juga terus jadi perhatian dunia, karena dikhawatirkan bisa jatuh ke zona resesi.

Namun, dalam pergerakan terakhir ekonomi Eropa diperkirakan akan pulih dalam kuartal ke-2 dan zona Euro tumbuh 0,2% di setiap kuartal di kuartal 3 dan kuartal 4. Tekanan harga dan ekspektasi inflasi telah berkurang, tidak cukup untuk mencegah siklus pengetatan.

Di hari Senin kemarin, Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde, mengatakan kalau saat ini terlalu cepat untuk menyebut puncak inflasi inti. Dia juga menegaskan kembali suku bunga perlu dinaikkan lagi. Bank Sentral diperkirakan akan menaikkan suku bunga deposit. exness indonesia

Christine Lagarde Mengatakan Kalau Terlalu Cepat untuk Menyebut Puncak Inflasi Berdasarkan Suku Bunga ECB

Menurut 59 ahli ekonomi yang disurvei oleh Reuters, Bank Sentral diprediksi akan menaikkan suku bunga lagi sebesar seperempat poin persentase atau 25 bps pada 15 Juni nanti. Dan ini menjadikan angka suku bunga Bank Sentral AS menjadi 3,50 persen.

Bahkan dari 59 ahli ekonomi itu, ada 43 yang memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis poin lagi di bulan Juli. Ini akan membawanya ke tingkat terminat 3,75%, sesuai dengan prediksi pasar. Ini juga memberikan insentif lebih lanjut untuk pembuat suku bunga ECB.

Alasan dari ECB untuk berbuat lebih banyak di trading forex terpercaya ini adalah inflasi belum cukup turun. Inflasi zona Euro terakhir dilaporkan sebesar 6,1%, masih lebih tinggi dari target ECB di zona 2%. Dan angka ini cukup menurun untuk berhenti.

Inflasi inti di Eropa memuncak pada level tertinggi pada musim panas nanti. Pasar kerja juga khawatir dengan inflasi upah yang terus menerus membuat inflasi bisa terus di atas target. Ini juga yang membuat suku bunga ECB terus naik, di bulan Juni dan Juli.

 

Tinggalkan sebuah Komentar