USD Menguat Level Tertinggi dalam 7 Bulan Versus JPY

USD Menguat Level Tertinggi menjadi bahan pembicaraan bagi sebagian besar investor yang berkecimpung secara langsung dalam dunia foreign exchange atau forex. Karena mata uang ini memberikan kinerja cukup baik dan terus meningkat hampir mencapai level tertingginya selama 7 bulan terakhir.

USD Menguat Level Tertinggi dalam 7 Bulan Versus JPY

Mata uang ini sendiri selama 7 bulan terakhir terus meningkatkan levelnya jika dibandingkan dengan yen, kenaikan level yang tinggi ini membuat hampir sebagian besar investor di broker terbaik merasa perlu berhati-hati. Karena mereka khawatir jika JPY atau Japanese Yen akan melakukan suatu hal yang bersifat intervensi sebagai bentuk respon.

Sementara menguatnya USD yang berlawanan dengan kinerja JPY, euro berhasil memberikan perlawanan terhadap dollar Amerika Serikat. Salah satu penyebabnya berasal dari beberapa pelaku pasar memperhatikan pidato ketika terjadi kebijakan forum tahunan bank sentral dunia di Portugal.

Berdasar hasil pidato tersebut membuat USD menguat level tertinggi selama 7 bulan jika dibandingkan secara langsung dengan JPY, bahkan semenjak bulan November tahun lalu kini nilainya sudah bernilai sekitar 143,49 yen. Hal ini memicu respon beberapa pejabat Jepang untuk segera mengatasi kejadian tersebut.

Beberapa pejabat bank sentral Jepang kemudian memberikan respon bahwasannya mereka akan berjanji, jika terjadi pergerakan mata uang secara berlebihan akan segera mengatasinya. Sehingga perekonomian pada negeri Sakura tidak terjadi permasalahan akibat pergeseran mata uang tersebut.

Respon USD Menguat Level Tertinggi oleh Jepang

Menteri keuangan negeri Sakura yaitu Shunichi Suzuki memaparkan bahwa pemerintah akan segera mengamati dengan cermat pergerakan mata uang tersebut pada hari Selasa tanggal 27 Juni 2023. Hal ini merupakan urgensi karena harus memberikan respon yang tepat jika terjadi pergeseran secara berlebihan.

Pada tahun lalu Jepang ikut campur pada penguatan Yen, namun pada saat ini karena USD menguat level tertinggi dibandingkan JPY membuat nilainya menjadi menurun. Salah satu penyebabnya disinyalir berasal dari meningkatnya suku bunga Amerika Serikat yang dibebankan pada Jepang.

Karena melonjaknya suku bunga bank tersebut membuat obligasi AS terasa lebih menarik untuk dijadikan tempat investasi. Salah satu penyebabnya karena obligasi akan terlihat lebih menguntungkan dengan suku bunga yang tinggi.

Banyak analis percaya dengan adanya USD menguat level tertinggi dibanding JPY pada 7 bulan terakhir akan mempengaruhi beberapa factor. Oleh sebab itu pemerintah perlu meningkatkan komentarnya terhadap situasi tersebut dengan lebih detail.

Indeks dollar sendiri jika dibandingkan oleh euro maka nilainya menjadi lebih rendah sekitar 0,19%, karena sebagian besar komponennya terbebani dari euro. Oleh sebab itu pemerintah perlu memberikan tanggapan terhadap permasalahan tersebut.

Jika Anda merupakan investor JPY terhadap USD maka perlu berhati-hati, karena dengan USD menguat level tertinggi membuat nilai JPY turun. aplikasi exness

Tinggalkan sebuah Komentar