Akhir Tahun 2020, Emas Bertahan Di Kisaran 1887

Harga emas masih bertahan di level tinggi pada Kamis pagi ini, setelah naik hampir satu persen di sesi sebelumnya. Logam mulia menyelesaikan perolehan terbaiknya selama satu dekade karena Dolar AS melemah.

Namun demikian, isu bahwa tambahan dana bantuan dalam paket stimulus pandemi AS tak dapat diteken segera oleh Senat, membuat kenaikan harga emas melambat seperti dalam grafik di bawah ini:

Baca juga disini : Perbedaan Trading Forex dan Trading Emas.

Sementara itu, harga emas spot naik 0.1 persen ke $1,894.66 per ounce pada puku 01:03 GMT. Sedangkan harga emas futures naik 0.3 persen ke $1,899.10 di Comex New York.

Permintaan Presiden AS Donald Trump untuk menaikkan dana bantuan sosial dari $600 menjadi $2000 agaknya sulit terwujud dengan segera. Pimpinan Partai Republik, Mitch McConnell, menolak pemungutan suara dengan segera terhadap wacana revisi UU tersebut karena merasa tak ada alasan yang realistis supaya senat segera meloloskannya.

Kinerja Terbaik Emas Sejak 2010

Sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik sebanyak 24 persen. Sejak 2010, performa emas tahun ini adalah yang terbaik. Faktor pendukung utamanya antara lain kebijakan tambahan stimulus dan rendahnya suku bunga di berbagai negara demi menopang perekonomian yang terguncang oleh pandemi. Emas dipandang sebagai aset safe haven dan lindung nilai dalam kondisi kenaikan inflasi.

Pelemahan Dolar AS turut menambah pelemahan harga emas tahun ini. Indeks Dolar bahkan semoat menyentuh level teredanh sejak April 2018. Varian baru virus Corona Inggris dikabarkan terus menyebar. California kemarin melaporkan kasus pertama infeksi virus tersebut.

Namun demikian, kenaikan harga emas dibatasi oleh kabar persetujuan pemerintah Inggris untuk menggunakan vaksin Astra Zeneca. Vaksin ini disebut lebih murah dan penyimpanannya lebih mudah karena tidak memerlukan suhu di bawah nol derajat. Harga emas cenderung menurun apabila kabar perkembangan vaksin dinilai positif, sebab hal itu membangkitkan minat risiko.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar