Harga Emas Antam Melambung Tinggi di Bulan Ini

Berdasarkan kutipan dari sumber ternama Republika.co.id harga emas Antam melambung tinggi pada bulan April ini. Menurut beberapa media harga emas yang melambung ternyata sempat mengalami pemerosotan. Tepatnya terjadi dua hari kemarin.

Untuk saat ini harga emas Antam berhasil menduduki angka Rp 940.000/gramnya dan naik Rp 8.000 dari penjualan sebelumnya. Tercatat harga ini menjadi rekor yang paling tinggi di bulan April 2021. Dimana sebelumnya emas  jenis Antam hanya berada di level Rp 913 per gramnya.

Kendati kenaikan harga emas Antam melambung tinggi sebenarnya juga sempat menunjukkan tren penurunan. Jika diambil dari data bulan-bulan sebelumnya emas Antam memperoleh rekor pencapian harga tertinggi di bulan Agustus yakni mencapai 1.065 juta per gram.

Baca juga disini : Dolar Terperosok Pada Level Terendah Dalam 6 Pekan.

Sedangkan di harga sekarang ini kisaran terdapat pada rentang yang serupa dengan beberapa periode bulan kemarin yakni antara Mei hingga Juni tahun 2020. Kabar yang menggembirakan ini juga disusul berita yang kurang sedap. Pasalnya harga perak malah mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Yakni turun dari Rp 100 ke level Rp 12.950 per gram. Sejauh ini pengaruh pasar dunia sangat besar terhadap kenaikan harga emas di nusantara. Dengan melemahnya dolar Amerika Serikat serta Obligasi AS, malah memberikan dampak yang baik terhadap harga emas Antam.

Dari sumber Republika.co.id mencatat kutipan dari Reuters yang menyatakan harga emas dunia juga mengalami kenaikan ke level 1.786,06 dolar Amerika Serikat per troi ons. Sedangkan untuk emas berjangka diperdagangkan di nominal 1.788,60 dolar Amerika Serikat per troi ons.

Selain pengaruh pasar dunia dan dolar AS harga emas di Indonesia juga sangat terpengaruh dengan sentiment perekonomian. Terbukti selama tahun 2020 silam harga emas juga mengalami pelonjakan hingga 23%. Hal ini disebabkan minat investor yang cukup ramai dan menjadikan emas sebagai aset pelindung nilai.

Hanya saja di tahun 2021 ini mengalami gelombang yang berbeda, kadang naik kadang juga sebaliknya karena peningkatan di tahun sebelumnya tidak bisa dijadikan patokan. Meskipun sekarang harga emas Antam melambung tinggi namun belum tentu bulan depan bisa sama.

Tinggalkan sebuah Komentar