Harga Emas Turun Terbentur Yield Obligasi

Harga emas spot dan futures merosot di sesi perdagangan Rabu malam ini akibat lonjakan yang terjadi pada yield obligasi AS. Hal ini terjadi meskipun pemilu Georgia menjanjikan ekspektasi lebih banyak stimulus fiskal dengan keunggulan Demokrat.

Grafik emas spot/usd (XAU/USD)

Pasalnya, untuk saat ini membeli Trasury bebas risiko dianggap lebih menguntungkan oleh para investor daripada membeli emas batangan. Oleh karena itu, harga emas spot turun 1 persen ke kisaran $1,928.67, menghentikan reli dua harinya.

Sedikit Lagi, Demokrat Jadi Mayoritas Di Senat

Kans Demokrat untuk menguasai Senat menguat setelah Raphael Warnock memenangi satu dari dua pemilihan Senat di Georgia pagi tadi. Associated Press menuliskan, hal itu dapat membawa Demokrat menjadi mayoritas di Senat. Sedangkan wakil Demokrat lainnya, Jon Ossof, juga mengungguli Senator dari partai Republik, David Perdue.

Suku bunga obligasi naik lebih tinggi semalam setelah hasil awal menunjukkan bahwa Demokrat berada di jalur yang tepat untuk memenangkan kedua kursi Senat AS di Georgia. Artinya, partai pengusung Joe Biden sebagai presiden AS tersebut memiliki peluang besar untuk mengontrol Kongres. Dengan kata lain, pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden akan punya lebih banyak ruang untuk menganggarkan lebih banyak dana guna mencapai agenda kebijakannya.

Gelontoran stimulus yang lebih banyak cenderung akan memperkuat harga emas, karena logam mulia akan digunakan sebagai aset lindung nilai dari inflasi. Namun demikian, hal ini tak terjadi malam ini karena terjadi aksi profit-taking. Menurut analis Marketwatch, harga emas dan perak futures saat ini turun hanya karena ada aksi ambil untung dari trader futures jangka pendek saja. Dalam jangka panjang, emas masih punya potensi untuk naik.

baca juga : dollar as anjlok stelah cina sesuaikan krus yuan

Selain itu, menurut Jim Wyckoff analis dari Kitco, sebagian grafik terkonsolidasi setelah emas menyentuh level tinggi dua bulan tadi malam, sedangkan perak mencetak level tertinggi empat bulan. Level kenaikan bullish emas futures berikutnya diperkirakan berada di atas resisten solid emas November lalu di $1,973.30. Sedangkan support teknikal jangka pendek emas futures kemungkinan berada di kisaran $1,900.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar