Kenali Penyebab Merosotnya Investasi Reksadana Baru-Baru Ini

penyebab merosotnya investasi reksadana

Pada kutipan yang ditulis di medi Kompas.com kinerja industri dari reksdana pada tahun 2021 ini sangat menurun secara signifikan. Hal ini disebabkan kinerjanya juga tidak terlalu mumpuni.

Didasari pada data Invosta Utama hanya investasi reksadana pasar uang yang mempunyai kinerja positif. Namun lebih banyak yang menurun dan terhitung mulai bulan lalu.

Pada catatannya ada sekitar 4,20 persen penurunan kinerja dari reksadana pada bulan ini. Sedangkan untuk reksadana campuran sudah menurun tajam hingga 1,79%, dan terakhir jenis pedapatan mengalami penurunan hingga 0,53%.

Imbas dari Investor Ritel

Dalam penjelasan yang ada menyebutkan pula bahwa seorang spesialis yang bernama AM Toufan Yamin juga memberikan penjelasan akan penurunan saham yang tertekan karena imbas dari investor ritel.

Tidak sampai disitu saja karena ada pula tambahan informasi dari seseorang yang bernama Wawan Hendrayana terkait hal ini. Menurutnya pasar saham serta obligasi lebih cenderung tidak bisa tumbuh dikarenakan distribusi dari vaksin penyembuh Covid-19 menjadi pemudar kasus namun disaat bersamaan kondisi positif corona juga semakin meningkat secara tajam.

Baca Juga : Analisis: Peluang Saham 2021 Indonesia Sangat Menggiurkan

Sementara itu, untuk pemberlakukan dari pembatasan dari kegiatan yang sangat ketat juga dapat menjadi penghambat dari laju bisnis.

Inilah yang dapat membuat ekspetasi dari pelaku pasar terhadap pertumbuhan atau lajur ekonomi pada kuartal-1 tahun 2021 meleset drastic. Sehingga tentu saja hal ini juga menurunkan kinerja dari investasi reksadana.

Penurunan yang Lebih Parah Ketimbang IHSG

Disisi lain pandangan penurunan dari reksadana ini juga lebih dalam jika dibandingkan dengan penurunan IHSG. Tentu saja hal ini tidak jauh dari dukungan para manajer investasi yang mulai meracik portofolio reksadana itu sendiri dengan lincah dan agresif.

Untuk itu jika Anda saat ini sedang merasakan hal yang sama dalam permasalahan ini tidak hanya sendiri saja karena semua orang juga merasakan persoalan yang serupa.

Itulah setidaknya paparan singkat yang akan menjawab pertanyaan Anda seputar penurunan investasi reksadana. Jadi jangan berkecil hati dan tetap semangat dalam menjalankan usaha ini karena pastinya semakin banyak yang mendorong kinerjanya maka akan sangat memungkinkan presentase kenaikan kinerja reksadana itu sendiri.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar