Saham Asia Naik Tipis, Kekhawatiran Terhadap Virus Omicron Reda

Saham Asia Naik TipisPada perdagangan di hari Selasa, saham – saham Asia naik tipis di tengah kekhawatiran masyarakat di seluruh dunia tentang kemunculan varian Omicron. Sementara itu, pasar China juga tercatat menguat sesudah bank sentralnya melonggarkan kebijakan moneter.

Indeks acuan MSCI dari saham kawasan Asia Pasifik di luar Jepang tercatat naik sekitar 0,6 persen, yang mana sebelumnya turun pada level terendah selama satu tahun terakhir, sehingga banyak broker xsocio khawatir.

Baca juga : Dolar as naik, didukung ketidakpastian covid 19 varian omicron

Indeks saham unggulan China sempat turun sekitar 0,7 persen, serta Indeks Hang Seng Hong Kong atau HSI melesat hingga 1,3 persen dikarenakan bank sentral setempat telah membebaskan likuiditas 188 miliar US dolar melalui pelonggaran kebijakan.

Inilah Penyebabnya Saham Asia Naik Tipis Hari Ini

Bank sentral China menjelaskan bakalan memotong jumlah uang tunai yang mesti disimpan oleh bank sebagai cadangan, upaya serupa juga diberlakukan pada tahun ini, dengan melepaskan dana dalam likuiditas jangka panjang guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi terbesar kedua di dunia ini pun yang telah melakukan rebound pun mengesankan dari penurunan selama pandemi di tahun lalu, sudah kehilangan kesempatan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Hal tersebut dikarenakan segala macam sektor manufaktur mengalami pelambatan karena wabah Covid-19. Di posisi lainnya pun, pasar global didukung oleh saham Asia naik tipis di Wall Street, yang mana saham tersebut cukup sensitif secara ekonomi memiliki kinerja begitu baiknya.

Saham – saham di Wall Street pun ditutup pada zona hijau saat sahamnya dipersepsikan murah atau pun value stock dipimpin oleh sejumlah saham dari bank dan juga energi mengalami kenaikan sekitar 1,5 persen bila dibandingkan dengan kenaikannya 0,9 persen dalam saham pertumbuhan.

‘’Sementara itu sejumlah ahli epidemiologi sudah memperingatkan dengan tepatnya kesimpulan prematur mengenai varian Omicron, pasar juga dikatakan telah menebak bahwa aksi penjualan secara brutal pada minggu lalu harusnya lebih ringan,’’ jelas Mizuho Bank.

Varian Omicron ini sudah menyebar hampir ke sepertiga bagian di negara bagian Amerika Serikat serta sejumlah negara – negara di seluruh dunia. Hal tersebut ternyata dapat memengaruhi saham Asia naik tipis pada hari ini.

Tinggalkan sebuah Komentar