Tren Naik USD/INR Rupee India Terhenti, Emas XAU/USD Berpeluang Turun

Tren naik selama dua pekan sebelumnya pada Rupee India kini terhenti karena pembalikan resiko. Meskipun penutupan hari ini pastinya akan diawasi dengan baik, namun diharapkan untuk optimis tentang INR di Pasar.

Pergerakan harga USD/INR mengalami penurunan dalam 2 hari berturut-turut, turun 0,10% intraday saat ini. Namun untuk grafik mingguannya menggambarkan langkah pemulihan dan menunjukkan candle positif.

Pembalikan resiko muncul pada level -0,241 mendukung pembeli USD/INR pada saat ini. Menurut Reuters, pembacaan negative bisa menghasilkan opsi jual yang menarik karena lebih tinggi daripada taruhan call atau bullish.

Di sisi lain pasar opsi akan berubah dari bullish menjadi bearish pada USD/INR. Sedangkan resistensinya yang kuat di sekitar 72,80-85 terdiri dari SMA 21hari dan 50hari menantang pembellian untuk pasangan.

Emas XAU/USD Berpeluang Turun

Emas ditetapkan mencatat penurunan mingguan pertama dalam tiga pekan, itu dikarenakan dollar AS bertahan lebih kuat di dekat tertinggi multi-bulan. Kondisi justru bertolak belakang di tengah optimism ekonomi yang mengalami pemulihan.

Serangkaian data makro AS optimis baru-baru ini dikombinasikan dengan distribusi caksin yang lebih cepat. Hal tersebu menimbulkan ekspektasi pemulihan ekonomi yang cepat, tidak hanya di AS tentunya.

Stimulus dari imbal hasil Treasury yang lebih tinggi menawarkan dukungan untuk Greenback, ini membebani emas. Dari kondisi yang terjadi itu pedagang emas telah bersiap untuk data AS lainnya yang sarat informasi data.

Baca juga disini : Pasar Saham Asia Naik, Ditengah Kekhawatiran Terkait Tiongkok

Level resistensi dan support utama emas bergerak di dekat terendah hariannya. Emas berupaya untuk menyerang support kritis pada $1717 atau pertemuan dari posisi terendah pekan bulan sebelumnya.

Target berikutnya juga sudah menunggu di level $1703, titik pivot satu pekan S2 dan berada di bawahnya Fibonacci 161,8% satu pekan  bisa diuji.

Bergerak ke bagian selatan lainnya, penjual justru membidik batas $1692 yang merupakan persimpangan titik pivot satu hari S3 di sisi bawah Bollinger Band satu hari. Resistensi terkuatnya berada di $1756 karena titik pertemuan tertinggi pekan sebelumnya.

Pergerakan dari Rupee India dan Emas sangat berguna bagi para trader. Tentu saja berbagai informasi ini bisa digunakan sebagai dasar untuk menemukan strategi  di Pasar.

Tinggalkan sebuah Komentar